Pemerintah Akan Hapus Penggunaan Merkuri dalam Pertambangan

Pemerintah akan menghapus penggunaan merkuri pada pertambangan, khususnya pada pertambangan rakyat dan pertambangan emas skala kecil.

Penghapusan penggunaan merkuri ini dibahas secara khusus dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (9/3/2017).

“Saya mendapatkan banyak informasi bahwa penggunaan merkuri di 850 spot pertambangan rakyat telah menimbulkan dampak pencemaran yang sangat berbahaya,” kata Jokowi.

Penggunaan merkuri, lanjut Jokowi, bukan saja berbahaya bagi kesehatan 250.000 penambang, tapi juga berdampak bagi keluarga dan terutama pada anak-anak serta kesehatan masyarakat yang hidup di sekitar tambang.

Selain itu, pencemaran merkuri juga mengakibatkan pencemaran lingkungan berupa pencemaran udara, air, maupun tanah.

“Ini tidak boleh dibiarkan, apalagi Indonesia menjadi salah satu negara yang telah menandatangani konvensi minamata. Dan untuk itu saya minta diambil langkah-langkah cepat,” ucap Jokowi.

Kepala Negara meminta ada pengaturan kembali pertambangan rakyat maupun pertambangan skala kecil yang berada di luar maupun di dalam kawasan hutan. Setelah diatur tata kelolanya, Jokow meminta agar praktik pertambangan terus diawasi secara ketat.

 

Selain itu, Jokowi meminta jajarannya untuk melihat lagi tata niaga pengadaan dan distribusi merkuri, termasuk pengawasan dan importasi merkuri. Jokowi mendapat info banyak merkuri ilegal yang masuk ke tambang-tambang rakyat.

Jokowi juga meminta ada edukasi bagi penambang mengenak bahaya merkuri bagi kesehatan dan dampaknya bagi lingkungan.

Masyarakat perlu diberi pemahaman bahwa pencemaran mercuri juga bisa berakibat tidak hanya bagi para penambang dan keluarganya, tapi juga masa depan anak-anaknya yang bisa lahir cacat fisik maupun mental.

Jokowi meminta solusi nyata kepada jajarannya, bukan sebatas penutupan atau penertiban tambang rakyat ilegal, tapi juga ada upaya pengalihan matapencaharian bagi para penambang.

“Terakhir saya minta warga yang telah terkontaminasi merkuri bisa ditangani kesehatannya, diberi bantuan medis oleh Kemenkes,” ucap Jokowi.

SUMBER: http://nasional.kompas.com/read/2017/03/09/20065371/pemerintah.akan.hapus.penggunaan.merkuri.dalam.pertambangan